Keseimbangan dalam Senam

Keseimbangan adalah faktor penting dalam olah raga senam, khususnya nomor balok keseimbangan. Bayangkanlah: di balok sepanjang 4,85 meter setinggi 1,67 m dari permukaan lantai, dan lebar hanya 10 cm, seorang pesenam putri harus melakukan gerakan flip, spin, dan berbagai manuver tanpa harus kehilangan keseimbangan.

Sebab keseimbangan berkorelasi dengan keindahan gerak, yang menjadi poin penilaian para juri. Sungguh memerlukan latihan bertahun-tahun agar di saat memanfaatkan momentum gerakan, seorang pesenam tetap tak kehilangan keindahannya.

Bagaimanakah cara melatih keseimbangan sejak dini:

1. Ambillah papan kayu, atau kayu apapun yang memiliki permukaan rata dan berbentuk balok. Yakinkan bahwa permukaan kayu halus sehingga telapak kaki anak tidak akan terluka.

2. Mintalah anak berjalan dari ujung ke ujung tanpa terjatuh. Jika masih tidak seimbang, latihlah terus menerus. Anak akan semakin tertantang jika ia diberikan tantangan. Jika sudah lancar, tantanglah dia dengan menggunakan stop watch, seberapa cepat menyelesaikan perjalanan dari ujung ke ujung.

3. Jika tak ditemukan kayu, latihan bisa dilakukan di bangunan pembatas jalan/taman. Namun biasanya permukaannya cukup tinggi. Bimbinglah dulu tangan anak agar tak terjatuh. Perlahan-lahan lepaskan tangan dan biarkan si anak menitinya.

Leave a comment

Filed under Sports Science, Tahukah Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s